RIWAYAT HIDUP SUSTER VERONIA SUBARDILAH CB

…”aku akan tetap setia kepada Tuhan dan akan tetap bertekun
dalam cintakasih-Nya sampai mati”.
(Dikutip dari buku Kisah Hidup Elisabeth Gruyters, Pendiri Kongregasi CB, alinea 20 )

Suster Veronia Subardilah CB adalah putri ke 3 dari 8 bersaudara, dari pasangan Bapak Subari (alm) dan Ibu Ngajilah. Suster yang berasal dari Yogyakarta ini lahir pada 25 September 1957. Duapuluh satu tahun setelah kelahirannya, ia dipermandikan di Bengkulu tepatnya pada 24 Juli 1978 dengan nama Cecilia.

 

 

 

 

 

Di usianya yang ke 28, ia menanggapi Panggilan Tuhan dengan mengikuti pembinaan di Postulat Suster-suster CB pada 22 Juli 1985. Masa Novisiat ia jalani mulai 29 April 1986. Selanjutnya, Kaul Pertama diterimanya pada 29 April 1988.  Kesetiaannya dalam hidup membiara ia tandai dengan pengikraran Kaul Kekal pada   25 Juli 1993.

Dalam kurun waktu 33 tahun hidup membiara, Sr. Veronia telah banyak mengalami kasih Tuhan melalui panggilan dan perutusannya. Setelah menyelesaikan masa novisiatnya, ia diutus ke Komunitas Pius X, Magelang, dengan tugas di bagian keuangan SD Tarakanita, Magelang. Kemudian pindah ke Komunitas Jemur Andayani, Surabaya, pada 8 Juli 1989 dengan perutusan sebagai Wakil Kepala SD St. Carolus, Surabaya, dan pada 1 Januari 1992 beliau diangkat sebagai Bendahara Komunitas Jemur Andayani, Surabaya.

Empat tahun kemudian, pada 1 September 1993, Sr. Veronia diutus ke Komunitas Trenggono, Yogyakarta, dengan perutusan studi di Universitas Sanata Dharma Fakultas Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Kemudian pada 1 Januari 1999 beliau diutus ke Komunitas St. Carolus, Bengkulu, dengan tugas di SD St. Carolus, dan pada 11 November 1999 di angkat sebagai Kepala SD St. Carolus, Bengkulu.

Setelah dari Komunitas St. Carolus, Bengkulu, Sr. Veronia diutus ke Komunitas Immaculata, Sambas, Kebayoran Baru, Jakarta, tepatnya pada 1 Juli 2005, dengan perutusan sebagai Kepala SD Tarakanita 3, Patal Senayan, Jakarta. Pada 1 Juli 2006 beliau pindah ke Komunitas Gading Serpong, Tangerang, sebagai Kepala SD Tarakanita Gading Serpong, Tangerang. Enam tahun kemudian beliau diutus ke Komunitas Tarakanita Pluit, Jakarta, tepatnya pada 25 Juni 2012, dengan perutusan sebagai Guru SD Tarakanita 4, Pluit, Jakarta, dan diangkat juga sebagai wakil Pimpinan Komunitas Tarakanita Pluit, Jakarta, kemudian pada 1 November 2012, beliau diangkat sebagai Pimpinan Komunitas Tarakanita Pluit, Jakarta.

 

 

 

 

 

Pada 1 Juli 2013, Sr Veronia diangkat sebagai Kepala SD Tarakanita 4 Pluit, Penjaringan, Jakarta.  Kemudian pada 1 Agustus 2014 beliau pindah ke Komunitas Solo Baru dengan perutusan sebagai guru SD Tarakanita Solo Baru, Jawa Tengah. Setelah dari Komunitas Solo Baru beliau di utus ke Komunitas Panti Rapih, Yogyakarta, tepatnya pada 1 Maret 2015 dengan tugas sebagai staf Passosmed RS Panti Rapih, Yogyakarta.

Hari Orang Sakit Sedunia 2019 – RSPR
Hari Orang Sakit Sedunia 2019 – RSPR

 

 

 

 

 

 

Kemudian pada 1 Agustus 2014 beliau pindah ke Komunitas Solo Baru dengan perutusan sebagai guru SD Tarakanita Solo Baru. Setelah dari Komunitas Solo Baru beliau di utus ke Komunitas Panti Rapih, Yogyakarta, dengan tugas sebagai staf Passosmed RS Panti Rapih, Yogyakarta.

HUT terakhir Sr Veronia (25 Sep 2020)
HUT terakhir Sr Veronia (25 Sep 2020)

 

 

 

 

 

Kesetiaannya dalam bertekun pada cinta kasih Tuhan telah membawa Sr. Veronia untuk berpasrah pada kehendak-Nya. Setelah mengalami pergumulan dengan sakitnya, Sr. Veronia Subardilah CB berpasrah pada Allah Sang Sumber Hidup Sejati yang menjemputnya menuju alam kebahagiaan pada Rabu, 3 Maret 2021, pukul 01.20 WIB di Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta.

 

UNTAIAN KATA PARA SAHABAT TENTANG SR. VERONIA CB

Hari ini, Rabu, 3 Maret 2021, pk 01.20 WIB, kami kehilangan seorang Suster, Sr. Veronia Subardilah CB. Selama 33 tahun hidup membiaranya beliau meninggalkan kesan bagi kami maupun bagi para mitra kerasulan yang pernah berkarya bersama beliau di bidang pendidikan dan terakhir di Pasosmed RS Panti Rapih. Berikut adalah beberapa kesan-kesan dari para Sahabat Sr. Veronia:

 Suster Vero adalah pribadi yang tidak kenal lelah, melayani dengan tulus hati, penyabar, pemaaf, murah hati, siap sedia membantu, memberi kepercayaan, perhatian. Orang MPK senang kalau rapat dengan Sr, karena bisa atasi semua, konsumsi dll. Beliau jadi pengurus MPK Wilayah Tangerang sebagai bendahara dari Tahun 2005/2006 selama 2 periode ( 6 Tahun ) 

Kami keluarga besar SD Tarakanita Gading Serpong mengucapkan turut berdukacita yang mendalam atas dipanggilnya Sr. Veronia, CB. Semoga Suster Veronia damai bersama Bapa di surga.
Terima kasih atas cinta kasih dan pelayanannya kepada kami semasa hidupnya. Semoga Tuhan memberkati🙏 Salam hormat, B.Parmana (Bpk Blasius Parmana, S.Pd – Kepala SD Tarakanita Gading Serpong)

 

Tidak lama di Tarsoba, kesan mendalam terasa
1. Tegar menyikapi sakit (“iki lho aku nang ngendi2 nggawa suntikan insulin”)
2. Integritas sbg kary. Tarki (cerita pengalaman memecat karyawan)
3. Mencintai dg tulus (cerita seorang artis yg selalu minta gendong saat ketemu guru idola)
4. Celebration: ucapan bliau setelah sy mendapat cincin 15 th (“aja mok dol lho Rot, iku intensinya tinggi”) th 18 bln Agustus sy digigit ular cincin itu menghalangi racun menyebar, dn dipotong setelah mendapat pertolongan..

Sugeng tindak Sr. Vero, swarga langgeng 🙏🙏🙏 (Salah satu guru SD Tarakanita Solo Baru)

 

Sejauh yg sy kenal Sr. Veronia adalah guru yg baik, sabar, setia mendengarkan dan pendidik bagi para muridnya. Ia dicintai para muridnya. Sr. Veronia suaranya bagus. Pintar menyanyi dan sbg dirigen waktu di Postulat, Novisiat dan masa yuniorat. Dalam hidup bersama Sr. Veronia juga humoris, murah hati dan pengampun. Kerjasama dgn baik. Sr. Veronia Juga pernah sharing ttg pengalamannya di passosmed RSPR …. gembira mendampingi lebih2 pasien anak2. Membawa penghiburan, kekuatan dan setia mendengarkan para pasien dan keluarganya. Itulah ungkapan kasih dan perwujudan Spiritualitas BE dgn mencintai org kecil, yg sakit dan menderita. (Sr. Elisia Listiati CB)

Sr. Veronia adalah pribadi yg penuh totalitas dlm melayani. Kepentingan orang lain menjadi yg lebih utama dari kepentingan diri. Pribadi yang ramah dan rendah hati. Kuat dan sabar dalam menanggung rasa sakit. Memiliki iman yang dalam pada Yesus. (Sr. Yetty CB)

Sr. Veronia adalah orang yg dekat anak-anak, sederhana, mau berbagi dan orangnya ceria terlebih pada saat sakitpun masih memberikan diri dengan palayanan pastoral Care di Rumah Sakit Panti Rapih. Seingat saya selama 1 tahun bersama beliau di Panti Rapih sesudah HD atau cuci darah, makan mie kuah, lalu istirahat dan besoknya sudah langsung berkarya atau dinas di Pastoral Care. (Sr. Veronica CB)

Beliau kreatif saat melakukan pendekatan ke pasien anak-anak, dengan nyetelin video ipin upin, dll (Sr. Herdian CB)

 

Beliau sudah dibebaskan dari segala penderitaan ya Suster, semangat beliau yg saya akui hebat🙏🏼 (dr. Suharnadi)

 

Ndherek Belasungkawa, semoga SR. VERONIA. S CB mulia bersama Para Kudus Di Surga. Salam doa dan duka kami untuk Keluarga besar CB. (Rm Felix Astono SCJ, Vikjen Keuskupan Palembang)

Selamat jalan suster, karyaMu di dunia sudah selesai dan Engkau telah sembuh dari penyakit yang kau derita selama ini. Terimakasih atas dedikasiMu terkhusus bagi saya dan temen-teman di SD Tarakanita Gading Serpong angkatan 2011. Perjumpaan kita tahun lalu ternyata menjadi perjumpaan terakhir kita. Suster tidak berubah dari yang saya kenal saat SD hingga pertemuan terakhir. Pribadi yang tekun, setia, humoris, terbuka, merupakan sosok teladan bagi muridnya. Doakan kami selalu murid-muridMu yang masih berziarah di dunia ini dan juga murid-muridMu di SD Tarakanita Gading Serpong yang mendedikasikan hidupnya untuk Kemuliaan Tuhan Yang Lebih Besar dengan menjadi Calon Imam (Frater) yang kelak akan menjadi seorang Imam. Salam Hangat, Fr. Aurelius Steven Christianto, Calon Imam untuk Keuskupan Bandung, Alumni SD Tarakanita Gading Serpong-Angkatan 2011.

 

Terima kasih video nya ibu.. Kenangan Ello dulu masih bayi suka digendong2 sama Sr. Vero nih.. krn Suster suka sekali sama anak².. 🤗🙏🙏🙏☹️ (Orang tua Murid SD Tarakanita Gading Serpong)

Riwayat Hidup dan Kenangan Para Sahabat tentang Sr. Veronia CB

One thought on “Riwayat Hidup dan Kenangan Para Sahabat tentang Sr. Veronia CB

  • 03/03/2021 pukul 9:12 pm
    Permalink

    Terimakasih atas sharing tentang kesan kesan kehidupan sr. Veronia CB.
    Ikut gembira membacanya dan mengetahui punya sesama suster yang dapat menjadi contoh dalam kehidupan sebagai religieus.
    Terimakasih juga bhw Kongregasi mengikuti sarana moder.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_ID