“Menurut pendapatku… memikul penderitaan itu dengan diam dan menyerahkan semuanya di tangan Tuhan yang Maha Baik, berdoa memohon kesabaran, sering memandang salib, maka semuanya akan beres, dan itu sudah cukup” (EG. 156)

Telah dipanggil menghadap Tuhan dengan tenang, saudari kami yang tercinta
Sr. Rosarie Mukirah CB

Ia lahir pada 15 November 1940 di Yogyakarta. Mengikrarkan Prasetia Pertama dalam Kongregasi Suster-suster Cinta Kasih Santo Carolus Borromeus pada 31 Januari 1964. Meninggal dunia pada Selasa, 22 Februari 2022 pk. 16.15 WIB di RS Panti Rapih Yogyakarta.

Sr. Rosarie Mukirah CB dikenal sebagai pendidik dan pribadi yang penuh perhatian secara personal, pendoa, murah hati, sederhana, dan tulus hati.

Tuhan asal dan tujuan kehidupan yang dirindukannya telah memanggil Sr Rosarie Mukirah CB kembali menghadap-Nya. Semoga ia mengalami kebahagiaan abadi bersama para kudus di Surga.

a. n. Kongregasi CB

Sr. Yustiana CB

Ekaristi Requiem secara live streaming
Rabu, 23 Februari 2022, pk 10.00 WIB
di Kapel Maria Bintang Samudra
dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan

*Bagi yang memiliki kesan/kenangan/foto/video bersama beliau, silahkan menuliskan di comment di bawah, atau email ke websitesrcb@gmail.com/WA 087745474008. Terima kasih.

 

 

 

UNTAIAN KATA KENANGAN BERSAMA PARA SAHABAT

Sr.Rosarie,
Terimakasih utk teladan sbg SR CB yg rendah hati, sederhana..selalu gembira..terbuka utk selalu “belajar”.. juga dr yg muda..
Bahagia di dunia.. bahagia di surga… (Sr. Evarista CB)

Saya sebagai suster muda waktu itu mengunjungi di sekolahan beliau, kesan sy jg demikian. Juga piyayi nya tidak ‘jaim’. Sikap beliau dengan yunior (wkt itu), juga sangat ramah dan menghargai. Matur nuwun. (Sr. Theresina CB)

Kesan saya terhadap Sr. Rosarie:
1. Beliau pribadi yang rendah hati, terbuka dan mau belajar dari diapa saja, kapan saja, & dimana saja.
2. Beliau adalah pendengar yang baik.
3. Beliau juga pendoa, segala sesuatu berusaha dibawa ke hadapan Tuhan & percaya bahwa Tuhan akan bertindak tepat pada waktunya.
4. Sebagai Piko Beliau sangat perhatian pada Sr muda, mencintai dan ikut merawat panggilan Sr muda.
5. Beliau pribadi yg ramah, hangat, dan peduli dgn siapapun.
6. Beliau sabar & menghargai proses yang sedang berlangsung dalam diri orang lain.
7. Beliau perhatian & peduli dengan orang kecil.
Itulah kesan saya selama hidup bersama Beliau. Terima kasih Sr. Rosarie utk kasih & teladan hidup Sr. ๐Ÿ™๐Ÿ™ (Sr. Krispiani CB)

Sugeng tindak, sowan Gusti, Sr.Rosarie kairing sembahyangan tuwin atur panuwun sadoyo pangurbanan ipun.amim. (Sr. Rosalia CB)

Sr Rosarie CB,Selamat Jalan menuju Surga abadi.doakan kami. (Sr. Verlinda CB)

Selamat jalan Suster Rosarie sowan gusti. (Sr. Magdelin CB)

Selamat berbahagia bersama Bapa di Surga Sr. Rosarie, RIP ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™ (Sr. Carolina CB)

Sugeng tindak Sr Rosarie sowan gusti. RIP. ๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ™๐Ÿป (Sr. Therese CB)

Sr. Rosarie CB Ytc, Selamat Jalan menuju Surga kekal abadi. Terima kasih atas perhatian Suster terhadapku. Doaku dan doakan aku juga. (Sr. Zita CB)

Sugeng tindhak Sr Rosarie ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผโœโœ (Sr. Resdian CB)

RIP Sr. Rosarie ytk. Terimakasih atas pemberian diri Anda pada Tuhan dan teladan hidup membiara Anda yg sederhana dan tulus. Semoga suster sdh boleh menikmati kebahagiaan kekal disurga bersama Bapa spt yg telah dijanjikanNya. Amin. Doakanlah kami yg masih dlm perjalanan ini. ๐Ÿ™๐Ÿ’๐Ÿ•ฏ๏ธ๐Ÿ‡น๐Ÿ‡ฉ (Sr. Karita CB)

Selamat jalan sr Rosarie……selamat menikmati surga abadi ๐Ÿ™๐Ÿ™
Kami iringi dgn. Doa ๐Ÿ™๐Ÿ™โค๏ธโค๏ธ (Sr. Eduarda CB)

Selamat jalan Sr. Rosarie. Bahagia bersama para Kudus di surga ๐Ÿ™ (Sr Hilda CB)

Sugeng tindak Sr. Rosarie. Matur nuwun warisan rohaninya ๐Ÿ™๐Ÿ™ (Sr. Mariana CB)

โœ๏ธ Sugeng tindak Sr Rosarie. Selamat berbahagia bersama Bapa di Surga Sr. Rosarie. Terimkasih u teladan hidup yg luarbiasa ๐Ÿ™๐Ÿปโค๏ธ Doa kami ๐Ÿ™๐Ÿป (Sr Giovani CB)

Sr. Rosarie sugeng tindak (Sr Martha CB)

Ngaturaken ndherรจk belasungkawa krana sedanipun Sr. Rosarie CB. Mugi sukmanipun tinampi ing Gusti lan ngaso ing swarga. Dรจnรจ tarekร t tansah binerkahan. (Mgr. Rubiyatmoko)

 

KELUARGA

Selamat Jalan Sr Rosariโ€ฆ
Suster akan selalu keluarga besar trah PartoPawiro kenang karena kesederhanaan kehidupan suster yang kami rasakan โ€ฆ dan Semoga suster mendapat kehidupan Kekal dalam Damai Kasih Tuhan Yesus. Dan semoga tetap menjadi Pendoa bagi keluarga yang masih hidup didunia iniโ€ฆ Selamat memasuki alam keabadian bersama para Kudusโ€ฆ๐Ÿ™ (dari keponakan (Toni Juritno), putra dari kakak suster Rosari, Ibu Yono mBarek)

 

 

Sr. Rosarie sangat sayang kepada kami, sangat perhatian.. Saya masih ingat wkt Kaul pertama..sebelum masuk biara tinggal bersama kami di Pancaarga, dulu bapak di Akmil sbg TNI. Kami mewakili keluarga besar H.Y.Mugiyono.

 

Turut berbelasungkawa sr atas berpulangnya sr. Rosarie Mukirah CB. Semoga beliau diterima di sisiNya dan semoga semua keluarga dan kerabat/kolega yg ditinggalkannya diberi kesehatan, ketabahan dan penghihuran. Selamat jalan sr Rosarie menemui Yang Mahakasih Yang telah sr cari dan ikuti selama peziarahan hidup sr dan Yang siap sedia menerima sr. RIP sr Rosarie. (Bp.Sinurat)

 

PARA ALUMNI

Sewaktu saya SD, Sr. Rosarie ttp mau menerima uang SPP meskipun ada uang koin. Kalaupun terlambat tidak pernah dikasih denda.
Menurut saya, Beliau pribadi yang penuh cinta & kasih untuk anak didiknya. Dan selalu menyapa. Bahkan saat beliau pindah tugas di SMP Stella Duce 1 Dagen dan saya juga sekolah disana, Beliau masih ingat saya, dengan gojek km Ajeng yang bayar SPP ada uang koinnya ya..

Dan beliau juga selalu menekankan ke anak didiknya utk selalu disiplin waktu, seperti masuk sekolah tidak mepet-mepet, pulang sekolah harus segera pulang. Serta selalu mengingatkan utk selalu berdoa dalam segala hal, entah dalam keadaan baik maupun keadaan buruk sekalipun. (Ibu Lucia Ajeng) 

 

Suster Rosarie adalah salah satu Guru pengajar di SD Tarakanita Bumijo Yogyakarta. Saya menjadi murid Beliau kurun waktu 1974 sd 1981.

Masih saya ingat bagaimana Suster mengajar… pelajaran agama adalah waktu yg kami nanti karena akan bertemu dengan Suster di kelas.Beliau selalu ceria dan hangat saat mengajar, tidak pernah marah, dan selalu tersenyum saat berbicara,…meski kadang para murid membuat ulah nakal.

Suster Rosarie juga tetap ingat nama panggilan saya,…”Sari adiknya Heri kan??….” demikian kata Suster… meski saat kami bertemu, saya sudah memiliki putra 3. Sungguh luar biasa …beliau tetap ingat kami .. Terimakasih Suster, telah menjadi Guru terbaik kami.

Suster Rosarie terkasih,… Selamat jalan menuju Rumah Bapa…. Damai bahagia abadi bersama Para Kudus di Surga.. Amin.

Yogya, 22-02-2022
Doa kami selalu,
Josephin Pustikasari
(alumni sd tarki – 1981, alumni smp stece dagen, alumni sma stece sabirin)
Sehat sehat selalu untuk Para Suster CB…๐Ÿ™๐Ÿป
๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน๐ŸŒน

 

Keponakan Sr. Rosarie, bersama para alumni SPG Stece, dan Alm Sr. Arini

Selamat jalan Suster Rosarie..๐Ÿ™๐ŸปSuster Rosarie sungguh Guru yang memberikan kesan luar biasa…saya selalu menunggu waktu beliau masuk kelas dan mengajar kami. Pelajaran agama menjadi sangat menyenangkan… Suster Rosarie selalu ceria dan terasa hangat bila bertegur sapa dengan beliau…
Selamat jalan Suster Rosarie..๐Ÿ™๐Ÿป (Ibu Sari) 

 

Foto terakhir ibu Prof. DR. Laura Francisca Sudarnoto bertemu dengan Sr. Rosarie tgl 7 Maret 2020 di Biara St. Anna

Selamat pagi.
Perkenalkan saya anak didik Sr. Rosarie di SMP Stella Duce 1 Dagen, Yogya lulusan 1998. Pernah merasakan kepemimpinan Sr. Rosarie yang tegas dan hangat.
Ibu saya teman dari Sr. Rosarie dan ketika ibu sy memutuskan melanjutkan S3 di UGM, ibu sy langsung menghubungi Sr. Rosarie dan segera disambut dengan baik. Saya pindah di cawu 2 dari SMP Tarakanita V Jakarta dan hari 1 sy full ditemani oleh Sr. Rosarie, mulai dari perkenalan guru, ruang sekolah sampai dengan aturan2 di Stece. Hampir 3 tahun di Stece dengan kepemimpinan Sr. Rosarie dengan suaranya yang khas, memberikan panutan kepemimpinan idealis seorang wanita yg tegap, tegas dan hangat.
Terakhir kali saya bertemu saat Sr. Rosarie sudah di biara lansia para suster CB. Masih segar bugar namun sudah banyak ingatan pula yang memudar.
Terima kasih banyak Sr. Rosarie untuk kesetiaan, pelayanan dan pengabdianmu untuk gereja dan sesama. Semoga bahagia kekal bersama Bapa di surga.

Teriring doa dari kami di Jakarta,
Adriana Melliany, SMP Stece 1 angkatan 1998
Ibu Prof.DR. Laura Francisca Sudarnoto, sahabat baik

 

 

Kel. Hendry Noegroho Setjodiningrat

Turut ๐๐ž๐ซ๐›๐ž๐ฅ๐š๐ฌ๐ฎ๐ง๐ ๐ค๐š๐ฐ๐š atas berpulangnya guru pendidik&pembimbing rohani kami tercinta,Sr Rosarie Mukirah CB ke pangkuan Bapa di surga&bahagia bersama Bunda Maria beserta para kudus dlm kerajaanNya yg abadi…๐ฌ๐ž๐ฆ๐จ๐ ๐š ๐“๐”๐‡๐€๐ berikan kekuatan & penghiburan bagi keluarga yg ditinggalkan๐Ÿ™๐Ÿผ(Kel.Hendry Noegroho Setjodiningrat)-Alumni SD Tarakanita th 1982

 

 

 

 

 

 

 

 

Kenangan dengan Sr Rosari:
Saya mengenal Sr Rosari sejak kecil krn memang suster sangat dekat dengan umat.. setiap ada tahbisan suster ,Sr Rosari selalu datang menjemput saya utk ikut melihat dan mengikuti acara dengan harapan kelak saya jadi suster…tapi saya suka sembunyi krn takut disuruh jadi suster…he..kejadian itu terus berkesan smpi skrng….Selamat jalan susterku yg baik hati dan sangat penyayang…saya percaya suster pasti akan ditempatkan Bapa disurga .RIP (Modesta/Tutik)

 

 

RIP Sr. Rosarie Mukirah CB dan Untaian Kenangan bersama Para Sahabat

4 thoughts on “RIP Sr. Rosarie Mukirah CB dan Untaian Kenangan bersama Para Sahabat

  • 23/02/2022 pukul 9:53 am
    Permalink

    Selamat Jalan Sr Rosariโ€ฆ
    Suster akan selalu keluarga besar trah PartoPawiro kenang karena kesederhanaan kehidupan suster yang kami rasakan โ€ฆ dan Semoga suster mendapat kehidupan Kekal dalam Damai Kasih Tuhan Yesus
    Dan semoga tetap menjadi Pendoa bagi keluarga yang masih hidup didunia iniโ€ฆ Selamat memasuki alam keabadian bersama para Kudusโ€ฆ๐Ÿ™

    Balas
  • 23/02/2022 pukul 10:01 am
    Permalink

    Saya mulai bertemu dengan yth. Sr. Rosarie, CB dari 1979 saat mendapat tugas praktek dari tempat saya menuntut ilmu pendidikan guru menjadi pembina Pramuka di SD Tarakanita Bumijo.
    Sr. Rosarie adalah sosok seorang pemimpin yang berwibawa, bijaksana, tegas, pekerja keras, memiliki jiwa penolong besar, pendoa yang tekun, pengayom yang menyejukkan, memiliki jiwa sosial yang tinggi, dan merasa bahagia menyaksikan karyawan/ guruยฒnya hidup bahagia, rukun, bisa bekerja sama, dan saling peduli.
    Banyak kenangan indah saat bekerja sama dengan beliau yang tidak dapat saya ungkapkan di sini.
    Selamat jalan, sugeng tindak sowan Gusti Sr. Rosarie.
    Semoga damsi dan bahagia bersama Bapa dan para Kudus di surga.
    Tuhan memberkati๐Ÿ™โœ๏ธ๐ŸŒน๐Ÿ˜˜

    Klg. Mario Subiyanto
    Pensiunan SD Tarakanita Bumijo

    Balas
  • 23/02/2022 pukul 10:06 am
    Permalink

    Suster Rosari pribadi yg ramah, care dgn cucunya. Suster ini eyang istri sy dan kebetulan teman SGB Ambarawa mbah uti sy dan satu susteran dgn bude sy Sr. Avri,, dulu sy waktu tk sering main ke susteran Gayam.
    Dikabarin bahwa suster sakit kanker paru seminggu yang lalu, bertepatan dgn dipanggilnya papa ke surga (karena kanker juga yg sudah menyebar ke paru).
    Sugeng tindak ya eyang suster ketemu dgn mbah Kamti Sumarmi dan papa di surga. Damai di sana eyang…

    Balas
  • 23/02/2022 pukul 10:18 am
    Permalink

    Eyang suster yang selalu menyapa,menyurati anak dan cucunya satu per satu. Memanggil nama kami,anak cucu walau sedang berada di tempat yang jauh. Selamat jalan eyang suster. Tetap panggil dan sapa kami yg masih berjuang di dunia ini. โค

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

id_ID