Kegiatan penggalangan dana Caritas Christmas Cross Challenge 2020 (LG4C) yang diadakan atas kerjasama Yayasan Karina – KWI dan AAJI (Asosiasi Alumni Jesuit Indonesia) yang telah berlangsung selama 31 hari, sejak 1 Desember 2020, berhasil mengumpulkan Rp 6.114.950.000. Dana ini nantinya akan dipergunakan untuk dana pendidikan, khususnya bagi para tenaga guru honorer prasejahtera di luar Pulau Jawa.

 

 

 

Kegiatan ini didukung oleh 3001 pelari, pejalan dan pesepeda yang telah menempuh 424.398 km dan telah melebihi point donasi (122.299 point), termasuk di dalamnya Bapak Kardinal, 17 Uskup dan 900 rohaniwan-rohaniwati dan para alumni serta umat di berbagai keuskupan yang tergabung dalam 127 Tim.

 

 

Para suster CB sendiri terlibat turut ambil bagian dalam 4 tim: Carolus (grup Jakarta & Sumatera), Carlo (grup Karya Kesehatan), Borromeus (grup Provinsialat, Binspir & Panti Rapih) dan Elisabeth (grup suster Karya asrama dan pendidikan) yang masing-masing beranggotakan 25 Suster.

Masing-masing tim saling berkoordinasi dalam grup WA walau berbeda komunitas dan karya. Para suster berupaya meluangkan waktu khusus dalam melakukan aktivitas jalan/lari/bersepeda dan berupaya mencari donatur untuk timnya. Kendala aplikasi Strava dan Aktivin yang terjadi di awal dapat diatasi karena panitia dari pihak LG4C selalu siap membantu. Kegiatan dapat diikuti dengan semangat dan sukacita, serta saling menyemangati dalam anggota tim dalam kebersamaan.

Demikian perolehan donasi dan poin jalan/lari/bersepeda. 

Bagi para suster sendiri kegiatan ini menarik dan bermanfaat, karena memberi dorongan semangat untuk berolah raga khususnya di masa pandemi ini. Selain itu, juga menjadi kegiatan rekreasi yang dapat dilakukan bersama komunitas bahkan dapat menjadi kegiatan pribadi untuk relaksasi sebagai selingan selama retret. 

Kemudahan program ini juga karena waktu dan jarak yang ditempuh para suster dapat disesuaikan antara kemampuan secara individu dan waktu yang dimiliki. Kebanyakan para Suster melakukannya di sela waktu berkarya, sebelum memulai aktivitas karya maupun setelah pulang bekerja atau sesaat setelah santap siang, sambil ‘menurunkan nasi’. Karena program ini tidak dapat dilakukan secara indoor, beberapa suster mengkhususkan waktu menempuh perjalanan sambil berziarah/berkeliling kota, sampai ke Blembem, Jatiningsih, Ganjuran, dan Sendangsono seperti yang dilakukan Komunitas Provinsialat, Pakuningratan, Binspir dan Panti Rapih. Sedangkan para Suster yang tinggal di Jakarta tetap berusaha melakukan di seputar kompleks karya maupun sampai ke jalan-jalan besar di Jakarta sambil tak lupa memakai masker dan hair cap, karena situasi pandemi di Jakarta yang masih rawan penularan virus Covid19.

Sebelum memulai kegiatan, pada 1 Des, secara serentak telah dibuka dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin sendiri oleh Bapak Kardinal sebagai Selebran Utama yang dalam kotbahnya menyampaikan, bahwa kita dalam gerakan ini bergerak bersama, berkeliling mewartakan kebaikan, seperti kisah Yesus dalam Injil di hari tersebut. Dalam perjalanan para suster justru menemukan banyak orang baik yang juga mau bersatu hati membantu program ini seperti para donatur dan mereka yang menawarkan kendaraannya dari mobil, motor sampai sepeda, dan tempat berteduh. 

   

Program ini akhirnya diakhiri dan ditutup dengan perayaan Ekaristi pada 14 Januari 2021 yang lalu yang dipimpin oleh Bapak Kardinal Suharyo bersama Pater Kristiono Puspo SJ serta Romo Fredy Rante Taruk Pr., kegiatan ini menjadi momen berharga memupuk kebersamaan dalam solidaritas yang menyatukan hati dengan banyak orang yang sebelumnya tidak kita kenal, namun berkolaborasi bersama karena memiliki keprihatinan bersama demi pendidikan Indonesia. Kiranya nama dimuliakan dan sesama diabdi dengan tulus ikhlas. 

Salam Sehat! ***

Caritas Christmas Cross Challenge 2020 (LG4C): 10 Kali Keliling Bumi demi Donasi Guru

https://www.beritasatu.com/nasional/721075/demi-guru-honorer-10-kali-keliling-bumi

https://kabarjoglosemar.pikiran-rakyat.com/news/pr-731288810/demi-guru-honorer-3001-orang-ikuti-gerakan-belarasa

https://sport.tempo.co/read/1423998/lewat-olahraga-lari-berjalan-dan-bersepeda-lg4c-kumpulkan-donasi-untuk-guru

https://www.teras.id/sport/pat-2/290586/lewat-olahraga-lari-berjalan-dan-bersepeda-lg4c-kumpulkan-donasi-untuk-guru

https://en.tempo.co/read/1424099/donating-for-teachers-by-going-ten-times-around-the-earth

https://www.kompas.id/baca/dikbud/2021/01/18/sepuluh-kali-keliling-bumi-untuk-menggalang-dana-bagi-guru-honorer/

10 Kali Keliling Bumi Demi Donasi Guru

Penutupan LG4C (Lari Gowes Caritas Christmas Cross Challenge

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_ID