Kopel (dari bahasa Inggris: couple, yang artinya pasangan/kembaran) Syantikara, dua bangunan kembar yang berada berdekatan dengan Mensa, akan menjadi tempat BINAR (Pembinaan Aspiran) CB. BINAR akan menjadi wadah para simpatisan dan aspiran CB untuk membantu mereka menemukan panggilannya, sambil berproses, beradaptasi dan mempersiapkan diri mereka memasuki masa Postulat CB. 

Pada hari ini, 13 Juli 2022, pk 17.30, Rm. Alip, memberkati bangunan kopel ini dalam perayaan Ekaristi yang diikuti oleh para Suster komunitas yang berada di sekitar Kopel (Kom. Syantikara, Kom. Samirono dan Kom. Provinsialat).

Pada kesempatan ini, Sr. Yustiana, juga menyampaikan harapannya bahwa nama BINAR ini menjadi simbolik dari sukacita, kegembiraan, yang berbinar-binar. Rumah ini akan menjadi rumah inspiratif bagi kaum muda, rumah yang terbuka untuk berkreasi, berinovasi, mencari jati diri ke mana Tuhan menghendaki.  

Rumah ini sebenarnya sudah dimulai sejak tiga tahun ke belakang, yaitu sejak tahun 2020 dan telah mengalami beberapa renovasi walau tanpa mengubah konstruksi utamanya. Kira-kira telah ada 100 muda-mudi yang pernah datang ke tempat ini. Mereka yang pertama kali menempati rumah ini, bahkan kini telah menjalani masa pembinaan sebagai Novis 1 di Novisiat CB. Dalam rumah ini yang terdiri dari 6 (enam) kamar, dilengkapi dengan Ruang Doa, Ruang Rekreasi, sampai Gua Maria yang di bagian tengah bangunan ini. Sedangkan ruang makan merangkap ruang pertemuan masih menggunakan rumah di sebelah rumah Kopel (St. Pieter), terutama ketika jumlah mereka bertambah banyak, sampai dengan 15 orang. Pada kesempatan ini seluruh ruangan tersebut diberkati oleh Rm. Alip, termasuk juga sebuah patung seperti patung Bunda Elisabeth, yang dibuat tanpa wajah, harapannya, bahwa kita atau para aspiran nantinya akan menjadi wajah-wajah yang berkarya dalam semangat Bunda Elisabeth. 

Selama aspiran berproses di tempat ini, terutama pada tahap beberapa bulan sebelum memasuki masa Postulat, 2 (dua) suster pendamping dari Tim Kerasulan Promosi Panggilan, yaitu Sr. Auxiline (Koordinator Kerasulan Promosi Panggilan), bersama Sr. Hania CB tinggal di Kopel, menemani dan bertanggung jawab atas kegiatan pembinaan para simpatisan dan aspiran. Pada kesempatan ini, Sr. Auxiline menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung proses pembinaan ini, sehingga mereka yang berproses dapat menjalaninya dengan penuh sukacita, karena dalam suasana sukacitalah, kreativitas dan potensi mereka semakin bertumbuh berkembang dan proses pembinaan akan mencapai kemajuannya. 

Berbagai kegiatan pembinaan telah diupayakan dalam berbagai kegiatan harian secara bersama-sama yang dibuat dalam suasana penuh kegembiraan, seperti memasak, berkebun, berlatih menyanyi, berdoa, sampai dengan rekreasi. Juga kegiatan-kegiatan pembinaan baik secara offline maupun online, seperti pengenalan Bunda Elisabeth dan St. Carolus, berlatih koor, belajar bahasa Inggris, bahkan Rm. Joseph Kristanto pernah mendampingi mereka mengajarkan lagu panggilan yang menjadi sumber motivasi yang seringkali mereka nyanyikan pada kesempatan-kesempatan tertentu. Outing ke luar sambil memperkenalkan karya-karya CB juga telah dilakukan, mulai dari St. Anna, Panti Rapih, bahkan sampai di Ganjuran. Pada waktu Minggu Panggilan, mereka juga dilibatkan dalam kegiatan promosi panggilan, sampai di Solo, Wonosari, dsb. Setiap bulan, dalam pertemuan Sahabat CB secara online, mereka juga dilibatkan untuk sharing panggilan sampai dengan memimpin doa rosario bersama secara online.

Para aspiran CB pada tahun ini berjumlah 12 orang, di hari ini pula secara resmi mereka telah menerima SK langsung dari Sr. Yustiana, setelah Perayaan Ekaristi, yang menyatakan bahwa mereka telah diterima sebagai Postulan CB, dan esok pagi, 14 Juli 2022, mereka akan diantar oleh Sr. Auxiline dan Sr. Hania untuk memasuki Rumah Postulat di Jalan Gejayan. 

Mari kita mendoakan, semoga mereka dianugerahi rahmat-rahmat yang mereka butuhkan, terutama rahmat kesetiaan dan keterbukaan dalam proses pembinaan selanjutnya.

Pemberkatan Kopel Syantikara menjadi BINAR CB

2 thoughts on “Pemberkatan Kopel Syantikara menjadi BINAR CB

  • 13/07/2022 at 9:20 pm
    Permalink

    Semoga para aspiran semakin mantab menentukan panggilan hidup nya.
    Teriring doa.

    Reply
    • 13/07/2022 at 9:27 pm
      Permalink

      Terima kasih Sr. Theresina atas doa-doa Suster yang sungguh menguatkan para Aspiran

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.

en_US